- Home >
- Softskill : Perilaku Navigasi
Posted by : Unknown
Senin, 08 Juni 2015
Pada
suatu situs (jual beli khususnya) penggunaan navigasi yang baik sangat penting
untuk dilakukan bagi para pembuat online. Para pembuat situs website tersebut
harus bisa membuat suatu navigasi agar pengunjung situs tersebut tidak bosan
dengan melihatnya. Ada dua tipe navigasi.
Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta
penjelajahan situs. Biasanya bisa ditemukan secara konsisten baik di bagian
atas, samping atau footer.
Yang kedua adalah navigasi versi advance. Jenis ini masih bertujuan memberikan alat
untuk menelusuri situs, namun dengan cara lebih spesifik. Misal lewat kategori,
pengarang, produsen, range harga, dan lain lain. Navigasi semacam ini
sebenarnya mirip dengan fitur search namun sudah diberi antar muka yang
lebih intuitif.
Alih-alih
model kotak isian teks kosong, calon pembeli diberi beberapa nilai default yang
bisa dipakai lewat link yang disediakan. Lebih keren lagi, calon pembeli bisa
melakukan penelusuran bertingkat, misalnya: kategori buku, di-drilldown dengan
topik “IT dan Marketing”, di-tune lagi pada level berikutnya dengan range
harga 100 ribu sampai 400 ribu, lalu difinalisasi dengan “reviewed by
S.P.D”. Calon pembeli pun akan sampai pada apa yang benar-benar dia cari.
Permasalah dalam kaitan dengan:
·
Para pemakai interface website tidak mengetahui daerah atau dalam hal
ini lembaran-lembaran pada situs.
·
Struktur lokasi tidak dapat ditemukan.
Pemakai
interface situs seharusnya diberikan suatu pemahaman dari struktur yang menyangkut
dari suatu ruang dari informasi tersebut. Maka sebaiknya disiapkan:
a)
Tabel Index (Peta Lokasi)
b)
Index
c)
Navigasi
d)
Fasilitas Pencarian (Search)